7 Tips Mengontrol Kebiasaan Belanja

Jika sudah masuk ke pusat perbelanjaan rasanya semua mau dibeli. Terkadang apa yang kita belanjakan bukan menjadi prioritas, akhirnya terjadilah pemborosan. Untuk itu kita harus pandai menyiasati agar hal ini tidak terjadi. Ayo kita simak beberapa tips supaya kamu bisa mengontrol kebiasaan belanjamu.

1. Uang Tunai Secukupnya

Terkadang jika kita membawa sejumlah uang tunai, sebanyak itu pula uang itu akan sangat cepat habis. Strategi ini akan sangat berguna jika kita ke pusat perbelanjaan yang hanya menerima uang tunai. Karena akan membuat kita enggan mencari-cari mesin ATM, terlebih jika lokasi ATM jauh. Biasakan membawa uang tunai secukupnya.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang diperlukan saat ada keperluan mendesak. Jangan salah fungsikan kartu kredit untuk selalu digunakan berbelanja. Batasi limit dan jumlah kartu kredit aktifmu. Jika merasa masih memiliki banyak limit kartu kredit, biasanya dengan mudah kita menggunakannya. Jangan tambah limit kartu kredit di luar kemampuan bayar.

3. Hindari Terlalu Lama di Pusat Perbelanjaan

Semakin lama kamu berada di pusat perbelanjaan, semakin besar kemungkinan kamu melihat barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Mengurangi interaksi ini akan sangat membantu kamu tidak berbelanja.

4. Buat Daftar Belanjaan

Meskipun terdengar klise, daftar belanja bisa sangat membantu kamu. Yakinkan dalam diri kalau apa yang tidak ada di daftar belanjaan bukan prioritas utama belanja kamu. Fokus hanya mencari barang yang ada di dalam daftar belanjaan bulanan saja!

5. Budget!

Menentukan budget belanja sangat penting untuk memberi batas maksimal pengeluaran. Sisihkan terlebih dahulu pengeluaran tetap seperti uang listrik, uang belanja bulanan, uang bayaran sekolah, hingga uang tabungan. Jika semua alokasi sudah terpenuhi, berapa sisa yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi itulah budgetmu belanja.

6. Kebutuhan Bukan Keinginan

Ccukup sulit membedakan dua hal ini bagi perempuan. Terkadang seakan-akan apa yang di depan kita merupakan kebutuhan. Ask and think twice! Apa jika kamu tidak membeli barang tersebut akan kekurangan? Atau barang tersebut hanya substitusi barang lain yang sudah ada?

7. Berdoa

Sebelum kamu masuk pusat perbelanjaan, atau bahkan saat kamu berangkat dari rumah, jangan lupa berdoa. Minta perlindungan dari godaan setan, pemborosan dan barang-barang yang tidak diperlukan. Jangan pernah remehkan doa. Bisa jadi ini yang paling menolong kamu dari kebiasaan belanja berlebihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *